Selasa, 09 Agustus 2011

Menumbuhkan Semangat Patriotisme dan Nasionalisme Masyarakat Aceh

Tak terasa beberapa hari lagi kita akan memperingati HUT Republik Indonesia yang ke-66. Bulan ini merupakan bulan istimewa karena bertepatan dengan Bulan Suci Ramadhan 1432 H, bersamaan dengan peringatan Kemerdekaan Republik Indonesia. Bagi seluruh rakyat Indonesia, bulan ini merupakan bulan yang paling bersejarah di negeri ini. Puncak perjuangan bangsa dan rakyat Indonesia selama ratusan tahun berada di bulan ini, di tahun 1945 tepatnya. Menyerahnya Jepang yang menjajah kita selama 3,5 tahun-terhadap Sekutu atas kekalahannya dalam Perang Dunia II, perundingan dan berbagai sidang BPUPKI dan PPKI atas rencana kemerdekaan Indonesia puncaknya yaitu Proklamasi Kemerdekaan Indonesia, 17 Agustus 1945.

Namun, apakah kita masih memiliki semangat kemerdekaan itu dalam relung jiwa kita? Saya yakin kita semua masih memilikinya, entah itu masih berkumandang keras di jiwa kita ataupun telah mengendap. Yang kita butuhkan hanyalah menumbuhkan kembali semangat tersebut, kita sebagai pemuda dan generasi penerus bangsa dapat memiliki kembali semangat patriotisme dan nasionalisme sehingga kita dapat mengisi kemerdekaan dengan sesuatu yang membanggakan demi bangsa dan negara yang kita cintai. Pahlawan memiliki keistimewaan dalam dirinya yaitu berjuang demi kemerdekaan tanpa kenal menyerah demi berkibarnya Sang Merah Putih di Bumi Persada Indonesia.

Keistimewaan ini tentu dapat menjadi pelajaran moral tersendiri bagi kita semua dalam menumbuhkan kembali semangat patriotisme dan nasionalisme dalam jiwa. Banyak hal yang dapat kita ambil dari keistimewaan seorang pahlawan, namun di sini yang dapat kita petik dari kistimewaan para Pahlawan pendahulu tersebut sebagai pelajaran moral bagi kita semua.

Pengorbanan,

Keistimewaan terbesar para pahlawan adalah pada hal ini, pengorbanan. Tentu kita ingat betapa banyaknya pertempuran yang telah terjadi dan memakan korban jiwa yang besar demi kemerdekaan bangsa dan negara kita ini. Seorang pahlawan dapat mengesampingkan ego, kepentingan pribadinya sendiri demi kepentingan bangsa dan negara. Hal ini tentu patut kita teladani dalam kehidupan kita sehari-hari dalam mengisi kemerdekaan negeri ini.

Kejujuran,

Suatu bentuk kepahlawanan yang lain adalah kejujuran, yang banyak dianggap sepele namun memiliki arti yang sungguh besar bagi kelangsungan hidup bangsa dan negara. Pahlawan adalah manusia yang jujur, jujur pada dirinya sendiri dan jujur pada khayalak umum. Jujur pada diri sendiri dalam arti bahwa ia akan membela bangsanya dengan cara apapun sesuai dengan kemampuannya. Generasi muda seharusnyalah memiliki aspek ini, suatu aspek yang dibutuhkan setiap umat manusia.

Peduli lingkungan,

Lingkungan berpengaruh besar terhadap kepribadian seseorang, tak terkecuali bagi para pahlawan. Secara sosial, pahlawan adalah orang yang berwawasan luas dan global, bertindak secara nyata dalam memperbaiki lingkungannya serta selalu ingin memberi yang terbaik bagi masyarakat sekitarnya dan kepada Negara. Hal ini patut dimiliki generasi muda karena dengan kepedulian tentu lingkungan di sekitar kita menjadi lebih baik dari sebelumnya. Sebagai rakyat Indonesia, mungkin kita dapat memulainya dari hal-hal kecil seperti peduli pada lingkungan di sekitar tempat tinggal kita sendiri. Dengan begitu semangat patriotisme dan nasionalisme akan tumbuh membawa benih-benih cinta tanah air akan melekat disetiap dada rakyat Indonesia.

Semangat patriotisme dan nasionalisme harus ditumbuhkan kembali disetiap masyarakat Aceh agar rasa cinta tanah air sebagai bangsa Indonesia mengakar pada relung sanubari. Dengan semangat Kemerdekaan kita jadikan momentum untuk meningkatkan kecintaan kita terhadap negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan merepleksi kembali terhadap perjuangan para Pahlawan.

Kondisi Aceh yang sudah damai harus tetap dijaga dari siapapun yang akan berusaha menodai kedamaian Aceh, menumbuhkan rasa nasionalisme dan cinta kebangsaan sangatlah tepat diera sekarang ini karena banyak hal yang mempengaruhinya. Mari kita jaga tanah Serambi Mekah ini dari orang ataupun kelompok yang tidak senang Aceh dalam kedamaian dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Sukseskan Pemilukada Aceh 2011 dan jaga kedamaian agar dalam Pemilukada nantinya melahirkan pemimpin yang Nasionalis, Jujur, Adil dan bukan pemimpin yang menyengsarakan masyarakat Aceh. Selamat Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke 66.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar