Senin, 27 Juni 2011

Memantapkan Pilar Kebangsaan Masyarakat Aceh

Ragam budaya dan adat istiadat serta bahasa daerah yang sangat beragam menunjukkan bahwa bangsa Indonesia kaya akan budaya, yang terbentang dari Sabang sampai Merauke. Tentu kita semua sudah mengenal Indonesia secara luas dibangku Sekolah Dasar, dengan sering dinyayikannya lagu “dari Sabang sampai Merauke”. Pada dasarnya dari makna lagu tersebut menggambarkan bahwa Indonesia ini sangatlah luas berjajar pulau-pulau tetapi tetap satu yaitu Indonesia.

Aceh merupakan Provinsi yang berada diujung pulau Sumatera ini merupakan Provinsi yang mempunyai hak khusus yaitu “Syariat Islam”, ini merupakan kekhususan Provinsi Aceh berbeda dengan Provinsi-Provinsi lainnya yang ada di Indonesia. Menjadai pertanyaan besar kalau kita melihat dikehidupan keseharian masyarakat Aceh, apakah sudah sesuai aturan Syariat Islam yang ada..? ini menjadi renungan bersama bagi masyarakat Aceh apakah perilaku keseharian sudah sesuai dengan Syariat Islam.

Pergeseran norma yang ada karena bergesernya nilai-nilai budaya yang masuk dikehidupan masyarakat baik melalui media elektronok, internet dan masuknya budaya asing yang dibawa para pelancong manca negara. Untuk menjaga kesemuanya itu masyarakat Aceh harus menanamkan disetiap individu masing-masing yaitu Pilar Kebangsaan yang bisa membendung pengaruh budaya Asing dan tetap pada kultur budaya sendiri.

Pilar Kebangsaan merupakan resep yang sangat ampuh untuk menjaga negeri ini dari setiap gangguan baik datangnya dari dalam maupun yang datangnya dari luar negeri yang ingin mengacaukan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Adapun Pilar Kebangsaan yang harus tertanam di setiap masyarakat itu adalah : Pancasila ,Undang-undang Dasar 1945, Bhineka Tunggal Ika, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia(NKRI). Kalau hal ini sudah melekat pada masyarakat yakinlah bahwa kita semua tidak akan mudah dimanfaatkan oleh kelompok maupun perorangan yang ingin mengacaukan negeri ini.

Apalagi dalam menghadapai Pemilukada Aceh 2011 kalau seluruh komponen masyarakat memegang Empat Pilar Kebangsaan tersebut maka akan terjaga Kedamaian yang selama ini sudah berjalan baik. Menumbuhkan rasa kebangsaan disetiap masyarakat Aceh sangatlah penting karena dapat menjaga dan melindungi Aceh dari upaya perorangan maupun kelompok yang ingin mengacaukan perdamaian Aceh. Smoga kedepan dalam Pemilukada Aceh 2011 terpilih pemimpin Aceh yang amanah, Nasionalis , berpihak pada rakyat dan mempunyai Pilar Kebangsaan yang kuat sehingga tidak menyengsarakan masyarakat. Smoga itu semua dapat terwujud sehingga Provinsi Aceh sejajar dengan Provinsi lain yang ada di Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar